Rabu, 23 November 2016

3 TIPS MENGATASI BATUP PADA ANAK SECARA ALAMI

Batuk adalah mekanisme almiah tubuh guna mengeluarkan benda asing seperti dahak dari saluran nafas bagian atas dan paru paru. Timbulnya batuk merupakan reaksi alamiag atas iritasi pada saluran nafas. Batuk sendiri sebenarnya hanyalah gejala dari suatu penyakit. namun meski demikian, batuk pada balita jangan serta merta diremehkan begitu saja. tetap kita sebagai orang tua haruslah wasdapa terutama pada kemungkinan adanya   gejala penyakit lain yang menyertainya.

BACA JUGA :  7 CARA AGAR ANAK DOYAN MAKAN

Apa sajakah jenis obat herbal alami yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan batuk pada anak Berikut Tips mengobati batuk pada anak secara alami :

1. Madu dan jeruk nipis


Seperti kita ketahui bahwa madu adalah bahan makanan yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap. Sedangkan jeruk nipis dapat berfungsi untuk mengatasi radang dan infeksi.
Siapkan perasan jeruk nipis 1,5 sendok makan dan 4 sendok makan madu murni kemudian tambahkan 5 sendok makan air matang. Campur dan aduk ketiga bahan tersebut dalam mangkuk kecil / gelas dan minumkan kepada anak yang batuk. Berikan 3 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

2. Jahe dan kencur


Kercur mempunyai kandungan  zat gizi berupa vitamin C, beta karoten, kalsium, dan vitamin B kompleks. zat aromatik berupa eugenol, galangin, cineol, borneol dan masih banyak lagi, Sedangkan jahe juga mengandung zat senyawa yang menghangatkan dan zat gizi lainnya seperti Protein, Karbohidrat, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C dan masih banyak lagi.
Siapkan jahe dan kencur dengan ukuran masing-masing 1 cm dan air 1 gelas. Memarkan jahe dan kencur lalu direbus sampai air hanya tersisa setengahnya kemudian disaring untuk di ambil sari airnya. Sebelum di minumkan bisa di tambahkan juga perasan 1 buah jeruk nipis dan juga 1 sendok makan madu. Tidak disarankan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

3. Kunyit


Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak kegunaan bagi kesehatan termasuk untuk mengobati batuk pada anak. Selain mempunyai sifat Antioksidan kunyit juga mengandung banyak vitamin seoerti vitamin B kompleks, vitamin C, Mineral, dan juga Anti inflamasi.
Siapkan 1 ruas kunyit bersihkan lalu potong-potong menjadi 3 – 4 bagian kemudian oleskan pada puting payudara ibu dan biarkan si anak menyusu seperti biasa. Cara lainnya bisa juga menggunakan dot, campurkan bubuk kunyit atau air hasil perasan kunyit pada air susu lalu biarkan anak meminumnya.